Update 4 Oktober 2016:
Rupanya banyak yang terbantu dengan artikel ini. Alhamdulillah.

This app

Hari ini, saat gw harus cepat-cepat mendapatkan aplikasi SPSS untuk skripsi yang deadline-nya kurang dari dua minggu lagi, laptop gw malah dikerjai sama virus yang sama pembuatnya dibikin seolah-olah installer SPSS.

Yang diserang adalah browser gw. Setiap menjalankan browser Chrome, halaman http://www.istartsurf.com/…..(entah kode apa lanjutannya) otomatis terbuka. Bukan cuma itu. Chrome cuma bertahan sebentar, lalu crash dan otomatis tertutup. Kalau gw coba buka lagi, yang muncul adalah halaman istartsurf.com dan notifikasi “Chrome didn’t shut down correctly,” disertai link “Restore”. Link restore itu kalau diklik akan ngebuka halaman-halaman yang tadi tertutup secara paksa waktu Chrome-nya crash. Tapi sayang, nggak lama setelahnya Chrome akan crash lagi.

Istartsurf

Stop working

Browser Internet Explorer (IE) nggak terlalu sakit parah. Gw masih bisa googling di IE untuk cari tahu antibiotik buat virus ini. Tapi masalah datang lagi. Google menyetop usaha pencarian gw karena dia menduga aktivitas dari IP gw nggak normal. “Wah, berarti virus ini ngelakuin banyak aktivitas melalui IP gw,” pikir gw, walaupun gw nggak paham IT. Akhirnya, gw coba pakai search engine-nya IE, yaitu Bing.

Sambil searching, gw kepikiran scanning laptop pakai Windows Defender. Ketika gw jalanin Windows Defender, apa yang terjadi? Aplikasi ini nggak kebuka. Muncul notifikasi: “Windows Is Turned Off By Group Policy”. Sadis banget yang bikin virus ini. Kayaknya dia mau manipulasi semacam program “click pay” yang dia ikuti lewat cara ini.

Untuk mengaktifkan kembali Windows Defender, solusi pertama yang gw temukan di internet adalah dengan membuka menu Group Policy (Windows+Run, lalu ketik gpedit.msc di box Run. Nanti akan muncul menu buat mengedit Group Policy). Sayangnya, menu Group Policy nggak bisa muncul. Usut punya usut, cuma Windows edisi Pro yang ada menu Group Policynya. Btw Windows gw asli lhoo🙂

Mungkin kamu mengalami hal yang sama: Windows Defender tiba-tiba nonaktif dengan notifikasi “This App Is Turned Off By Group Policy”, dan kamu nggak menemukan menu Group Policy untuk mengaktifkan kembali Windows Defender kamu.

Berikut solusi mengaktifkan kembali Windows Defender dari forum ini http://answers.microsoft.com/en-us/windows/forum/windows_vista-security/windows-defender-group-policy/aea77968-c0f2-4181-acce-927b2678f12a

Cara ini berhasil untuk kasus gw.

Secara singkat gw tuliskan lagi caranya di sini.

1. Jalankan menu Run dengan menekan Windows dan R bersamaan.
2. Ketik regedit. Enter.
3. Klik HKEY_LOCAL_MACHINE
4. Klik Software
5. Klik Policies
6. Klik Microsoft
7. Klik Windows Defender. Muncul gambar di bawah ini.
registry
8. Klik kanan di DisableAntiSpyware. Pilih Modify. Ganti Value Data, dari 1 menjadi 0. Klik OK.
value

9. Coba jalankan Windows Defender kembali. Di laptop gw cara ini berhasil. Windows Defender sudah bisa dijalankan dan mulai men-scan si virus tadi.
Defender

Yang perlu diperhatikan, di forum itu si pemberi solusi menuliskan peringatan:

Note: Serious problems might occur if you modify the registry incorrectly. Therefore, make sure that you follow these steps carefully.

Catatan: Masalah serius bisa terjadi kalau kamu salah memodifikasi registry tersebut. Karena itu, pastikan kamu mengikuti langkah-langkah di atas secara seksama.

Sekian, mudah-mudahan membantu kamu yang mengalami hal serupa.

Alhamdulillah banyak yang terbantu dengan artikel ini. Kamu juga? Artikel ini boleh dishare ke yang lain. Tombol share-nya ada di bawah ini: